Kamis, Maret 12, 2009

Gaya Hidup Sehat

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat posting tentang penyakit stroke. Dengan harapan semua orang waspada dengan penyakit tersebut. Karena belakangan hari ini banyak sekali yang terkena serangan stroke. Baik dari tetangga saya sendiri (yang menurut saya umurnya masih belum terlalu tua) sampai bokap dari teman saya (sampai harus melakukan "trepanasi" dan alhamdulillah berhasil melewati itu semua). Dan yang membuat saya heran sekarang ini serangan stroke bukan hanya menyerang warga negara "senior" tetapi yang berusia produktif pun ikut terkena imbas dari serangan penyakit ini.

Mungkin ini sebagai imbas dari berubahnya gaya hidup yag semakin modern tanpa mengindahkan faktor-faktor kesehatan. Di jaman yang serba instan ini semuanya mudah diperoleh seperti mengkonsumsi makanan cepat saji tanpa diimbangi olahraga yang teratur. Malah kalau boleh berkomentar nih, jarang banget orang yang memberikan perhatian untuk berolahraga. Kalau saya berangkat kerja setiap hari, justru kebanyakan warga negara "senior" yang sering terlihat berolahraga teratur (entah itu jalan kaki, bersepeda atau sekedar joging).

Bukan berarti yang muda gak terlihat berolahraga, bukan begitu maksudnya. Coba tengok kalau hari Minggu pagi di Alun Alun Kota Lumajang, kawasan GOR atau di kawasan Stadion Semeru. Banyak anak muda pada ngumpul disana (meskipun nggak bisa dibilang semuanya berolahraga, ada juga yang sekedar kongkow-kongkow atau jajan). Setidaknya mereka masih memiliki kemauan untuk melakukan olahraga. Di sore hari juga banyak anak-anak muda yang berolahraga (baik joging atau sepakbola) di kawasan Alun Alun Lumajang.

Satu hal yang bisa kita petik, bahwa sehat itu penting banget. Makanya mulai dari sekarang kita harus care dengan kondisi tubuh kita. Jangan sampai kita baru menyadarinya disaat tubuh kita sudag nggak fit lagi. Meski saya yakin sangat susah mengubah pola hidup yang sudah ada. Tetapi nggak ada salahnya dicoba, apalagi kalau untuk kebaikan kita sendiri. Oke???

Tidak ada komentar: